Thursday, January 17, 2013

Tips Memilih Dayung Kayak yang Tepat

http://www.kayarchy.com/images/01equipment/105%20paddles.jpg
Ragam Dayung Kayak (http://www.kayarchy.com)

KanoMania - Memilih dayung kayak yang tepat sama pentingnya dengan memilih kayak yang tepat. Terdapat beberapa hal yang harus dilakukan saat memilih dayung kayak, di antaranya faktor berat dayung, panjang dayung, kesimetrian bilah dayung, dan diameter genggaman gagang dayung. Faktor tersebut sangat penting dijadikan pertimbangan sebelum membeli dayung kayak.


Nah, Sobat KanoMania, terkait dengan kesesuaian dayung yang hendak dimiliki, berikut beberapa tips memilih dayung kayak yang tepat.

Tips memilih dayung kayak 1# Sesuaikan panjang dayung kayak


Keputusan pertama yang harus dibuat adalah seberapa panjang dayung yang diinginkan. Umumnya, panjang dayung kayak tersedia antara 180 cm sampai 220 cm. Idealnya, dayung pendek lebih disukai oleh paddlers bertubuh pendek. Demikian pula, panjang dayung yang pendek disarankan untuk teknik dayung yang agresif dan dikombinasikan dengan teknik penekanan yang berbeda.

Cara terbaik untuk mengetahui kecocokan dayung yaitu mencoba dayung dengan panjang yang berbeda. Sebelumnya, kita bisa mencoba milik pendayung lain untuk mengetahui kecocokan panjangnya dengan kita. Cara lain yaitu dengan mendirikan dayung sejajar dengan tubuh. Kemudian raih ujung dayung dengan tangan. Jika sampai, dayung tersebut kemungkinan besar akan cocok untuk kita.

 

Tips memilih dayung kayak 2# Perhatikan sudut bilah dayung kayak

Setiap dayung yang diproduksi oleh pembuat merek yang berbeda biasanya memiliki perbedaan pula dalam sudut bilah dayungnya. Perbedaan sudut ini akan berpengaruh saat dayung masuk dan keluar dari air. Hal ini juga berpengaruh pada tekanan dan putaran tubuh. Tentunya, setiap produsen dayung akan mengatakan bahwa dayungnya bekerja dengan halus pada saat masuk dan keluar air tanpa banyak mengeluarkan usaha. Tak perlu takjub dan terpesona. Namun, pastikan mengujinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tips memilih dayung kayak 3# Rasakan berat dayung kayak

Setiap dayung memiliki bobot yang berbeda, tergantung pada produsen. Hal ini disebabkan proses yang berbeda saat pembuatan, bahan yang digunakan berbeda, dan kualitas bahan yang digunakan. Jangan lupa untuk menanyakan pada penjualnya tentang bahan pembuat dan berat dayung. Berat rata-rata dayung berkisar 700-750 g.

Tips memilih dayung kayak 4# Jangan terpaku merk dayung kayak

Ada berbagai jenis dayung tergantung dari mereknya, baik dari bentuk maupun ukuran bilah dayung. Perlu diingat, jangan terlalu terpaku pada merek. Setiap dayung memiliki kesesuaiannya secara pribadi dengan pemegangnya. Jadi, jangan pernah berkompromi pada fungsi dan kinerja dayung bermerek.

Mendayungkan dayung pertama merupakan hal krusial yang sangat penting. Hal ini disebabkan dayung pertama ini adalah dayung yang akan digunakan untuk melatih dan mendapatkan passion-nya. 

Ukuran dayung terdiri dari berbagai ukuran, dari mini ke maksi, baik untuk pemula maupun profesional. Dayung juga memiliki sudut yang berbeda. Ini akan mempengaruhi arah dan putaran kayak.

Untuk pemula, pemilihan dayung kayak hendaknya dijatuhkan pada dayung dengan ukuran bilah yang kecil. Hal ini berguna bagi kayakers untuk mendapatkan teknik yang tepat dalam mendayung terlebih dahulu. Memilih dayung dengan ukuran bilah yang besar dikhawatirkan hanya akan membuang-buang tenaga, sedangkan teknik penggunaan yang tepat pada dayung tersebut belum diperoleh.

Jika Sobat KanoMania memiliki postur tubuh yang besar, ukuran bilah dayung kayak yang besar sangat cocok untuk dipilih. Hal ini berguna untuk menjaga konsistensi kapasitas kekuatan lengan saat mendayung. Tak perlu khawatir, pembuat dayung biasanya memiliki ukuran bilah dayung yang bervariasi, mulai dari yang kecil hingga besar. (RA)
 

No comments:

Post a Comment