Thursday, January 17, 2013

Mengenal Ragam Jenis Kayak

KanoMania - Jenis kayak terdiri dari beberapa macam. Setidaknya, jenis kayak dapat digolongkan berdasarkan dua pertimbangan, yaitu dari bentuk bagian bawahnya (hull) dan  dari jumlah paddler atau pendayungnya. Berikut perbedaan jenis kayak berdasarkan dua pertimbangan tersebut.

Jenis kayak berdasarkan hull-nya

Berdasarkan bentuk hull-nya atau bentuk bagian bawahnya, kayak dibedakan menjadi 3 macam. Ketiga macam kayan tersebut adalah mandesta, ottersport, dan slalom.
 

Mandesta Kayak

Kayak Mandesta memiliki hull atau bagian bawah berbentuk "V". Bisa dibayangkan, bentuk V ini bertujuan untuk memudahkan bagian depan kayak memotong air dan bergerak dengan laju di garis atau lintasan lurus. Penggunaan kayak mandesta memerlukan keseimbangan yang tinggi. Dalam pertandingan, jenis kayak inilah yang digunakan.

Otter sport Kayak

Kayak Otter Sport memiliki hull atau bagian bawah perahu yang berbentuk "U" atau rata. Kayak jenis ini memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Oleh sebab itu, kayak ottersport ini bisa digunakan untuk semua kegiatan air. Para pemula dalam olahraga dayung pun sangat aman menggunakan kayak jenis ini. Sekadar info, bentuk bawah yang rata pada kayak otter sport memudahkan pemakainya memindahkan haluan depan.

Otter Sport Kayak (kuhifzhuddin.blogspot.com)

Slalom Kayak

Pada kayak Slalom, bagian bawah dan atas perahu ini berbentuk "O" atau bulat. Kayak jenis ini selalu digunakan di arus deras. Bentuk kayak yang seperti huruf "O" ini memudahkan untuk melakukan teknik eskimo roll. Jadi, jika ingin berarum jeram dengan kayak, gunakan kayak slalom.

Kayak Slalom (bedfordglassfibre.com)


Jenis kayak berdasarkan jumlah pendayungnya

Berdasarkan jumlah pendayungnya, kayak bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Secara sederhana, perbedaan jumlah pendayung tersebut dapat dilihat dari jumlah lubang paddler-nya. Ada yang single paddler, double padler, dan bisa bertambah jumlahnya sesuai kebutuhan.

Single paddler kayak (nauticexpo.com)
Double paddler kayak (nauticexpo.com)

Demikian artikel Mengenal Ragam Jenis Kayak yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Asal pas di hati, surfing pun bisa dilakukan dengan kayak pilihan. Selamat berkayak ria! (RA)

2 comments:

  1. apakah dayung kayak ada merk apa saja...

    ReplyDelete
  2. kalau mau beli pearahu ini dimana dan berapa harganya ,

    ReplyDelete