Wednesday, January 16, 2013

Perbedaan Kano dan Kayak

KanoMania - Kano dan kayak seringkali dianggap sama karena keduanya digerakkan dengan dayung. Padahal, kano dan kayak memiliki perbedaan yang cukup jelas. Nah, untuk memperjelas perbedaan antara kano dan kayak, berikut beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai patokan.

Kano

Kano (id.wikipedia.org)
Kano merupakan perahu yang bagian atasnya terbuka. Di Indonesia, kano ini biasa disebut dengan perahu jukung. Dengan begitu, penggunanya bisa mengunakan perahu ini untuk beragam aktivitas dan berlalu-lalang.

Satu kano umumnya bisa digunakan lebih dari satu orang, tergantung ukuran dan tujuan pembuatan. Untuk menggerakkannya, dayung yang digunakan biasanya terdiri dari satu blade. Hal ini disebabkan badan kano yang lebar dan berat mempersulit penggunaan dayung doble blades. Untuk kano yang relatif kecil, dayung yang digunakan bisa doble blades.

Karena terbuka, kano tidak bisa kembali sendiri jika terbalik. Jika terbalik, penumpang di atasnya harus segera berenang menjauh agar tidak tertimpa badan kano. 

Kayak
Kayak berbeda dengan kano karena hampir seluruh bagian atasnya tertutup, kecuali bagian tempat pendayung. Otomatis, perahu ini tidak bisa digunakan sebagai tempat dengan banyak aktivitas.

Kayak (winnerkayak.co.uk)
Karena tertutup, kayak relatif mudah dikembalikan posisinya ketika terbalik di sungai. Selain itu, berat badan kayak juga relatif lebih ringan. 

Bentuk kayak cenderung ramping dan datar. Inilah yang ,menyebabkan kayak sangat bagus dimanfaatkan kecepatannya karena cenderung lebih ringan. Hal ini pula yang menjadikan kayak lebih tepat digerakkan dengan dayung doble blades, untuk menjaga keseimbangannya.

Dalam aplikasinya, kayak digunakan untuk olah raga dayung yang mengandalkan kecepatan. Kayak yang diperlombakan umumnya dengan satu atau dua pendayung.

Nah, sobat KanoMania, itulah Perbedaan Kano dan Kayak. Jika Anda senang dengan wisata di alam perairan, kano atau kayak bisa menjadi alternatif untuk menikmati keindahan danau atau perairan lainnya. Selamat berkano ria! (RA)

No comments:

Post a Comment