Thursday, January 17, 2013

Fakta Menarik Seputar Kayak

Berkayak ria (craigavonactivity.org)

KanoMania - Kayak telah menjadi bagian kegiatan luar ruangan yang sangat populer, tidak banyak orang yang sadar tentang fenomena dan fakta seputar kayak. Ada beberapa fakta menarik yang selalu mengejutkan para penggemar kayak (kayakers). Nah, dengan mengetahui hal-hal tersebut, diharapkan para kayakers bisa menambah wawasan serta memiliki pandangan yang lebih dalam dan utuh tentang kayak. Berikut beberapa fakta utama tentang kayak.

Fakta 1# Asal-usul kayak

Asal usul kayak dapat ditelusuri ke tanah beku dari Arktik di kutub utara. Para Inuit pertama mulai berlatih kayak untuk berburu ikan dan anjing laut, sedangkan kayak merupakan alat transportasi bagi mereka untuk melintasi perairan es. Bentuk kayak telah dimodel sesuai kayak gaya Inuit. Kayak laut merupakan bentuk atau model pertama dari kayak saat ini, selanjutnya diikuti oleh kayak arung.

Fakta 2# Popularitas kayak

Pada awal abad ke-20, popularitas kayak tumbuh begitu pesat sehingga kegiatan kayak diakui sebagai olahraga air permukaan formal. Pada tahun 1936, kayak race menjadi bagian dari Olimpiade dan sejak saat itu, kayak mengalami transformasi yang begitu cepat.

Fakta 3# Jenis kayak 

Ada dua jenis utama kayak yang biasa digunakan para kayakers. Jenis pertama adalah kayak solo, yang menampung satu pendayung. Sementara jenis kedua adalah kayak tandem, yang menampung dua paddlers. Dalam kasus yang jarang, beberapa kayak tandem bahkan bisa dibuat menampung tiga paddlers bersama-sama.

Fakta 4#  Posisi duduk di atas kayak

Banyak kayakers yang merasa bahwa model sit-on-top kayak adalah jenis kayak rancangan baru. Ini merupakan kesalahpahaman. Kenyataannya, sit-on-top kayak telah digunakan sejak jaman dahulu. Bahkan di AS, sit-on-top kayak diperkenalkan pada awal tahun tujuh puluhan. Kayak sit-on-top merupakan kayak yang paling lambat di antara semua kayak.

Fakta 5# Kemampuan keseimbangan di atas kayak

Ada kesalahpahaman bahwa stabilitas hanya penting untuk kayakers amatir. Sementara mereka yang sudah berpengalaman satu kali menggunakan kayak bisa memilih dan menguasai kayak lebih cepat. Pemahaman ini tidak benar. Setiap kayakers, dari tingkat mana pun, harus memilih kayak dengan stabilitas dasar, terutama ketika memilih kayak untuk memancing.

Fakta 6# Memilih kayak

Saat membeli kayak, sebaiknya memilih kayak yang memiliki sekat. Bagian kepala yang besar bisa digunakan untuk menyimpan peralatan kayak, makanan, maupun pakaian. Selain itu, model ini akan menghasilkan daya apung yang lebih besar.Pastikan juga kayak memiliki pijakan kaki di dalamnya karena memberikan kenyamanan besar bagi kaki saat mengayuh.

Fakta 7# Jenis dayung

Dalam dunia kayak, ada dua jenis dayung yang digunakan, dayung simetris dan dayung asimetris. Seperti namanya, dayung simetris adalah dayung yang simetris pada kedua ujungnya. Sementara dayung asimetris biasanya digunakan dalam balap yang satu sisinya berbentuk kurva.

Fakta 8# Kayak sungai

Umumnya, kayak yang biasa digunakan di sungai dikategorikan sebagai kayak arung. Namun, khusus kayak yang digunakan untuk sungai dengan medan yang sangat ekstrim disebut dengan creeking. Creeking mengacu pada kayak air terjun serta water slide and ledges.

Fakta 9# Jenis kayak populer

Pada zaman modern ini, jenis kayak yang paling populer atau paling banyak digunakan adalah kayak plastik, fiberglass, dan kayak kain. Kayak kain yang bisa ditiup dan dilipat saat ini cukup banyak mendominasi untuk keperluan wisata.

Nah, KanoMania, itulah beberapa Fakta Menarik Seputar Kayak. Semoga bisa menambah wawasan kita terhadap dunia kayak dan membuat kita semakin cinta dengan aktivitas air yang satu ini. Selamat berkano ria! (RA)

No comments:

Post a Comment