Wednesday, January 16, 2013

Asal-usul Kano


KanoMania - Berbicara tentang asal-usul kano memang menarik. Pasalnya, kano memang menjadi alat transportasi yang cukup efektif bagi masyarakat yang dahulu hidup di wilayah hutan dan pegunungan. 

Kano memang alat transportasi yang andal. Di daerah yang memiliki banyak sungai, kano menjadi kendaraan wajib yang harus dimiliki. 

Tak hanya kaum pria saja yang bisa mengendarai kano, kaum wanita pun bisa melakukannya. Bahkan anak-anak pun juga bisa berkano ria sekadar ingin bermain-main di sungai.

Tentunya, diperlukan kemauan untuk berlatih, sebagaimana mereka yang ingin bisa bersepeda. Selain bagaimana teknik mendayung agar kano bisa bergerak, diperlukan kemampuan untuk menjaga keseimbangan dan  mengarahkan kano.

Kano Indian (nl.123rf.com)
Ada yang mengatakan bahwa kano, pada awalnya, berasal dari sebelah Utara dan Selatan Amerika pada beberapa abad lalu. Ketika itu, kano digunakan oleh suku Indian dan Eskimo untuk keperluaan transportasi, memancing, dan bertarung. Pada saat itu, kano masih dibuat dari kayu

Selanjutnya, ditemukan sebuah relik berumur 6000 tahun, yang merupakan bukti arkeologi pertama mengenai keberadaan kano. Relik tersebut ditemukan di dekat Sungai Efrat, tepatnya di sebuah makam Raja Samaria. 

Bentuk dan desain relik tersebut lain dari yang biasa dibuat oleh bangsa Indian. Namun, bentuk dan desain relik kano tersebut lebih mirip perahu Kano yang dibuat oleh bangsa Eskimo yang tinggal di Amerika Utara dan Greenland.

Awalnya, kano dibuat dengan cara memahat kayu gelondongan hingga berbentuk seperti perahu. Selanjutnya bagian luarnya dilapis kulit binatang yang licin dan lemak paus agar kedap air. Kini, kano bisa dibuat masal dengan bahan fibreglass yang tampak licin dan elegan. 

Pasar terapung (indonesiakaya.com)
Dulu, pembuatan perahu Kano ditujukan untuk transportasi barang dan orang. Di samping itu, kano digunakan untuk berburu ikan dan mengangkat hewan hasil buruan, hingga berkembang untuk tujuan lomba Kano dan militer. Bahkan di Indonesia, kano digunakan juga oleh kaum wanita untuk berjualan seperti yang terlihat pada pasar terapung di Kalimantan atau daerah lain di Indonesia. 

Nah, demikian asal-usul kano yang disajikan dengan sederhana. Memang riskan untuk mengklaim siapa yang lebih dahulu membuat kano. Hal ini disebabkan setiap daerah terus mengembangkan budaya dan teknologinya. Yang pasti, kano sudah digunakan sebagai alat transportasi air sejak dahulu kala. (RA)

No comments:

Post a Comment